Telp / SMS : 081211060981 / Whatsapp : 081211060981 dealerresmihinojakarta@gmail.com WORKS : SAB 08.00-17.00 WIB :

Begini Tips Aman Mengemudi Truk dan Bus ala Hino

Tips Aman dalam Mengemudi Truk dan Bus

Dalam mengoperasikan kendaraan berat seperti truk dan bus, pengemudi harus peduli dengan kondisi kendaraan mereka. Persiapan awal memeriksa kondisi kendaraan laik jalan menjadi faktor utama yang mendukung dalam keselamatan mengemudi.

Irwan Supriono, selaku Senior Executive Officer Aftersales Service & Technical PT HMSI memberi tips aman soal mengemudi truk atau bus. Menurutnya, pengemudi harus “bawel” kepada mekanik soal kondisi kendaraannya.

“Pengemudi berhak memberitahu kepada mekaniknya bila menemukan kondisi abnormal, misalnya rem tidak enak. Pengemudi kunci melakukan perawatan karena bisa saja mekanik lupa,” ungkap Irwan.

Menambahkan Irwan, Wibowo dalam hal ini menegaskan fungsi pengemudi sebagai orang pertama yang mengingatkan mekanik. Pengemudi wajib memberi tahu apabila kondisi truk atau bus mereka kurang bekerja maksimal. Sementara soal perawatan menjadi kewajiban utama pemilik kendaraan dalam hal ini mekanik sebagai penanggung jawabnya.

“Untuk perawatan, kami lebih rekomendasikan pengemudi peka bila saatnya ganti oli atau rem dan kopling kurang bekerja. Bidangnya si driver membawa kendaraan, untuk perawatan fokus kepada perusahaan langsung. Kalau kendaraan dirawat secara rutin mudah-mudahan terhindar dari kecelakaan,” jelas Wibowo.

Masih seputar persiapan sebelum mengemudi, Ahmad Wahyudi selaku Kasubdit Angkutan Multimoda dan Antarkota menekankan soal pengecekan kondisi kendaraan secara menyeluruh. Pengemudi sebaiknya memutari kendaraannya untuk memeriksa setiap bagian secara detail. Ia juga mengingatkan kepada pengemudi supaya memberi jeda istirahat setelah berkendara beberapa waktu.

“Pengemudi harus keliling dulu kendaraannya, apalagi kendaraan mereka kan besar-besar. Mulai dari ban siapa tahu anak kecil ada yang tidur di situ seperti yang di tayangan YouTube. Setelah mengemudi 50 kilometer pertama harus berhenti, itu sudah ada aturannya,” jelas Wahyudi.

Stay Connected

Model Terpopuler

Hino 500 Ranger
34 Type
Dilihat: 672x
Hino 300 Dutro
25 Type
Dilihat: 534x

Slide Model

7671
Visit Today : 24
Visit Yesterday : 30
This Month : 586
This Year : 2554